Selasa, 27 Juli 2021

Daftar jadi Kandidat Ketua KNPI Kota Sukabumi Dibandrol Rp5 juta

Daftar jadi Kandidat Ketua KNPI Kota Sukabumi Dibandrol Rp5 juta

BERITAU.id-Panitia Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI/Pemuda XV Kota Sukabumi 2021 mengeluarkan kebijakan kontroversi. Bagi yang mendaftar jadi kandidat Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi diharuskan membayar uang pendaftaran seharga Rp 5 juta.

Meski aturan ini transparan dipublikasikan di spanduk pendaftaran. Akan tetapi kritik atas kebijakan ini memantik tanggapan keras dari sejumlah OKP. Salah satunya dari unsur kepemudaan Muhammadiyah Sukabumi.

“Di AD ART dan PO KNPI tidak ada keharusan peserta calon kandidat ketua KNPI mesti bayar uang pendaftaran. Kalaupun harus ada, ya nominal tidak harus sampai 5 juta,”kata kader Pemuda Muhammadiyah Sukabumi Yandra Utama Santosa dikonfirmasi BERITAU.id, Selasa 13 April 2021.

BACA JUGA :

Apa yang dicari Rendy di KNPI

Ia kembali mengulang, kalaupun harus ada biaya pendaftaran bagi yang ingin mendaftar di bursa Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi. Biaya yang dibandrol semestinya diangka yang wajar saja.

“Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta itu masih wajar, sebut saja biaya untuk administrasi. Kalau sampai Rp 5 juta saya kira ngga wajar,”terangnya.

Ia juga menilai, bandrol uang daftar Rp 5 juta jadi kandidat Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi akan mempersulit figur kandidat yang kere tapi punya potensi dan peluang jadi Ketua DPD KNPI Kota Sukabumi.

Lagi pula, KNPI selama ini dalam setiap kegiatan sudah mendapat suntikan anggaran APBD dari pemda. Dan bandrol pendaftaran calon Katua DPD KNPI Kota Sukabumi ini kata Yandra sepertinya hanya ada di KNPI Kota Sukabumi. Daerah lain ia belum menemukan.

“Mematok harga pendaftaran adalah inkonstisional karena pemuda harusnya diberi ruang sebesar-besarnya. Saya menilai dengan adanya uang pendaftaran 5 juta itu kesannya mempersempit. Perlu diingat, di musda nanti perang konsep bukan perang uang,”tegasnya.

Sampai berita ini dipublis, belum ada satupun keterangan resmi dari panitia Musda DPD KNPI/Pemuda Kota Sukabumi terkait uang pendaftaran Rp 5 juta.

BERITAU.id berusaha mengkonfirmasi dengan cara menghubungi ke Whatapp (WA) salah satu panitia musda, tapi belum mendapat respon.

Panitia Musda XV DPD KNPI Kota Sukabumi sendiri sudah membuka pendaftaran selama tiga hari, yakni 12-15 April 2021 dari pukul 12.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Formulir pendaftaran berikut informasi berkas dan syarat administrasi yang mesti dipenuhi bisa diakses di Sekretariat DPD KNPI, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kompleks Gedung Pemuda, Kota Sukabumi.


Penulis : Abi Rikat Elang Perkasa

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *