Selasa, 27 Juli 2021

Lewat UNESCO Musik Dangdut Bakal jadi Warisan Dunia

Lewat UNESCO Musik Dangdut Bakal jadi Warisan Dunia

BERITAU.id-Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Solahudin Uno mendorong agar musik dangdut ditetapkan jadi warisan budaya dunia oleh UNESCO.

“Saya mendorong agar musik dangdut ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO. Dangdut telah sejak lama berhasil menjadi hiburan masyarakat berbagai kalangan,”tulis Sandiaga Uno seperti dikutip BERITAU.id dijejaring akun medsosnya Selasa, 30 Maret 2021 saat Sandiaga berdiskusi dengan insan dangdut yang berhimpun di Persatuan Artis Melayu Indonesia (PAMI).

Selain menghadirkan hiburan, menurut Sandi, musik dangdut di sisi ekonomi memiliki potensi menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Saat ini, terdapat 18 juta masyarakat Indonesia yang mengantungkan penghidupannya di sektor ekonomi kreatif, termasuk dangdut.

Lapangan kerja pada industri musik dangdut lanjut Sandi tidak hanya merujuk pada pasar penyukanya, tapi juga kegiatan-kegiatan usaha yang terhubung dengan pertunjukan tersebut.

“Yuk masyarakat Indonesia kita sama-sama dukung agar Dangdut bisa segera ditetapkan menjadi warisan budaya tak benda UNESCO,”ajaknya.

Disalin dari CNN Indonesia, Sandi mengatakan bahwa saat ini, ia bersama Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam, akan menggencarkan upaya itu.

UNESCO sendiri baru saja memasukkan pantun ke dalam daftar warisan budaya tak benda bersama Indonesia dan Malaysia pada Desember 2020 lalu.

UNESCO mengumumkan penetapan ini beberapa tahun setelah Indonesia mengajukan pantun sebagai warisan budaya takbenda. Pengajuan itu kemudian dibahas dalam sidang UNESCO pada 2018.

Kini, pantun menambah panjang daftar warisan budaya takbenda Indonesia yang terdaftar di UNESCO.

Sejak 2008, Indonesia sudah memiliki delapan warisan budaya takbenda di UNESCO, termasuk wayang, keris, batik, angklung, tari saman, noken, dan tari Bali.


Editor : Rikat Elang Perkasa

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *