Selasa, 27 Juli 2021

Menko Luhut Bidik Destinasi Wisata Ujung Genteng Sukabumi jadi Prioritas Pusat

BERITAU.ID-Kementrian Kordinator Maritim dan Investasi RI bidik kawasan destinasi wisata Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi Jawa Barat jadi program skala prioritas pemerintah pusat dalam pengembangan wisata.

Menko Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kawasan selatan Kabupaten Sukabumi, khususnya Ujung Genteng memiliki potensi yang luar biasa, terutama dari segi wisata dan perikanan.

“Potensi Ujung Genteng sangat luar biasa. Makanya harus ada pembangunan. Sehingga, masyarakat di sana bisa merasakan manfaatnya,” ujar Luhut saat menggelar rapat koordinasi serara virtual mengenai  pembangunan kawasan pesisir selatan Kabupaten Sukabumi yang diikuti Plh Bupati Sukabumi Zainul beserta jajaran dari Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Rabu (24/2/2021) seperti dirilis akun facebook Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Berkaitan rencana pembangunan kawasan Ujung Genteng, dirinya mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai kementerian terkait. Untuk menyiapkan berbagai akses seperti pertanahan, air, jalan, listrik, dan lainnya.

“Tata ruang merupakan kunci dalam pengembangan kawasan Ujung Genteng. Jangan sampai ada pembangunan yang tidak bagus, dan pembangunan harus dirasakan dampaknya bagi masyarakat,” ucapnya.

Di tempat lain Luhut sempat mengatakan potensi belanja sektor pariwisata yang tak dibelanjakan atau tersimpan oleh masyarakat akibat pandemi covid-19 sangat besar. Jumlahnya ditaksir mencapai US$ 15 miliar dari berbagai kegiatan perjalanan.

“Indonesia punya potensi wisatawan domestik besar dengan 300 juta perjalanan tiap tahun atau 2019. 2020-2021 penggerak wisatawan dari domestik, ini yang relatif kita dorong,” jelasnya Luhut dikutip dari cnbcindonesia.com.

Plh Bupati Sukabumi Zainul S menjelaskan Ujung Genteng telah masuk dalam kawasan pariwisata dan perikanan di dalam tata ruang Kabupaten Sukabumi. Apalagi wilayah itu masuk ke dalam masterplan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Pembangunannya pasti akan lebih tertata. Kami pun bersyukur, pembangunan kawasan Ujunggenteng mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah pusat,” ungkapnya.

Bahkan berbagai kebutuhan pembangunan Ujung Genteng akan difasilitasi oleh pemerintah pusat. Mulai dari akses jalan dan lainnya.”Kami berterima kasih banyak atas dukungan penuh ini,” pungkasnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *