9 Nasehat Untuk Diri Sendiri Yang Menggugah Hati dan Jiwa

0 10

Beritau.id – Ada kalanya kita membutuhkan nasehat hati dan jiwa ketika kita sedang merasa galau, gundah dan saat hati tidak tenang. Nasehat tersebut bisa kita jadikan motivasi agar hati dan jiwa kita bisa tenang kembali.

Manusia merupakan makhluk yang labil. Adakalanya kadang mampu berbuat baik, dan lain waktu bisa berbuat buruk. Kadang sadar dengan apa yang ia perbuat, kadang justru mengulangi kesalahannya kembali.

nasehat diri sendiri untuk hati dan jiwa

Kesalahan yang kembali terulang bisa diakibatkan karena tidak mampunya seorang individu mengontrol dirinya.

Dan disinilah pentingnya nasehat dan saran untuk saling mengingatkan. Dan berikut adalah beberapa quotes nasehat diri untuk jiwa dan hati yang bisa untuk dijadikan motivasi.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menjadi Anak Pertama Dalam Keluarga

Nasehat Diri Untuk Jiwa dan Hati

1. Jangan menjadi pribadi yang egois

Pribadi yang egois cenderung memarahi dan membuat kecewa seseorang dan ia sendiri tidak sadar dengan apa yang ia perbuat. Orang yang memiliki sifat Egois biasanya lebih mementingkan kepentingannya sendiri dibanding kepentingan umum.

2. Jadilah pribadi yang berani dan ikhlas

Keberanian sangat penting dalam menjalani hidup, dan alangkah lebih baiknya jikalau disertai dengan rasa iklas. Pribadi yang berani itu bukan yang berani segala hal walaupun itu hal negatif. Tetapi berani dalam melakukan hal yang positif.

Menjadi pribadi yang Ikhlas memang sedikit sulit, tetapi kita bisa belajar Ikhlas mulai dari diri sendiri. Yaitu Ikhlas dalam memberi sesuatu tanpa perlu mengharap balikannya.

3. Jadilah bijak dan jangan mendebat dengan cara yang bodoh

Selanjutnya nasehat diri untuk hati dan jiwa yaitu bijak dan jangan berdebat secara bodoh. Sejatinya orang bijak mampu menerima kebenaran tatkala ia telah berbuat salah. Sedangkan orang bodoh akan mendebat dan mencari pembenaran atas kesalahannya.

4. Milikilah hati yang tenang

Kekayaan termahal adalah ketenangan hati, hati yang tenang sejatinya akan lapang dan tabah dalam situasi apapun. Jika hati kita tenang maka menjalani kehidupan pun terasa nyaman.

5. Jadilah pribadi yang dewasa

Menjadi tua itu pasti dan menjadi dewasa itu adalah pilihan. Sejatinya pribadi yang dewasa itu mampu memahami keadaan yang sebenarnya dan mampu menempatkan posisi dirinya tanpa menyakiti.

Berfikir Dewasa bisa menjadikan kita semakin kuat, terutama saat bergaul. Jika kita berfikir dewasa tentu segala sesuatu yang akan kita lakukan sudah difikirkan secara matang, resiko nya atau akibatnya.

6. Jangan menceritakan keburukan orang lain

Jikalau melihat keburukan orang lain alangkah lebih baiknya bicarakan langsung kepada orangnya dengan mencari waktu yang tepat. Dan jangan menceritakannya kepada orang lain, karena bukan orang lain yang bakal mengubahnya.

Ini salah satu hal yang masih banyak orang lakukan. Menyebarluaskan aib seseorang termasuk perbuatan yang tidak baik dan tentu saja dosa. Ini sangat dilarang, apalagi kita hidup di lingkungan masyarakat.

7. Jadilah pribadi yang peduli tanpa mengharap lebih

Pribadi yang peduli selalu memberi tanpa alasan atau ingin dipuji-puji dan pastinya tidak mengharap imbalan juga. Ini sama halnya Ikhlas yang tidak mengharapkan kembalian atas apa yang telah kita berikan.

8. Jangan hanya pandai menasehati orang lain saja

Yang itu Author juga lagi belajar ini, semoga Author juga bisa menerapkan. Pasti sudah pada paham bukan?

Ini buat pelajaran kita semua bahwa, jangan hanya bisa menasehati orang lain saja, sedangkan kita sendiri belum tentu melakukan apa yang di beritahukan.

9. Jangan dengarkan masukan kehati penilaian buruk orang lain

Sejatinya akan selalu ada dan banyak orang yang akan memberikan penilaian buruknya terhadapmu. Yang harus kita ubah ada reaksi kita terhadap orang tersebut.

Dan tentu saja jangan percaya begitu saja apa yang diberitahukan kepada Anda mengenai keburukan anda sendiri atau orang lain. Lebih baik cek langsung apakah benar yang di beritahukan kepada Anda.

Jika kita memperhatikan dari sembilan nasehat diri yang menggugah hati dan jiwa di atas, tentu kita akan mencoba merubah perilaku dan sifat kita agar bisa lebih baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More