Selasa, 27 Juli 2021

POB Sukabumi dari Terhalang Asap PLTU Sampai jadi Wisata Edukasi

POB Sukabumi dari Terhalang Asap PLTU Sampai jadi Wisata Edukasi

BERITAU.id-Qutub Hilal atau Pos Observasi Bulan (POB) Cibeas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, merupakan satu dari 87 POB di Indonesia yang jadi rujukan penting Kementerian Agama RI untuk bahan penetapan awal bulan Ramadhan dan bulan tertentu lainnya.

Saking pentingnya POB Cibeas jadi rujukan setiap penetapan awal bulan Ramadhan. Meski Kementerian Agama RI sudah mendapat laporan dari sejumlah lokasi POB di Indonesia. Kementerian Agama RI akan menunggu hasil sidang isbat rukyat hilal POB Cibeas.

 

Sebelum lokasi POB yang baru di Cibeas berdiri. Kabupaten Sukabumi sebenarnya dulu sudah mempunyai POB yang lama, yakni di Desa Cidadap Kecamatan Simpenan. Hanya POB yang lama di Desa Cidadap Sangrawayang tersebut tidak lagi digunakan lantaran terganggu asap yang keluar dari cerobong pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Palabuhanratu.

“Alasan mendasar terhalang asap PLTU lah yang menjadikan dibangunnya qutub hilal POB baru di Cibeas. Tepatnya di tahun 2017 lalu, POB Cidadap tidak lagi difungsikan setelah POB Cibeas yang baru, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami,”kata Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, Hasen Chandra dikonfirmasi BERITAU.id, Senin 12 April 2021.

Desaign qutub hilal POB Cibeas. (foto : istimewa)

Sebagai ganti untung atas pembangunan PLTU itu, maka pembangunan POB baru sepenuhnya jadi kompensasi PT PLN. Serah terima konpensasi dilakukan General Manager PLN kepada Dirjen Bimas Islam di Auditorium HM. Rasyidi, Gedung Kemenag RI, Jakarta di tahun 2015 lampau.

Jika lokasi POB yang lama terhalang asap cerobong PLTU, maka dipastikan POB yang baru di Cibeas tidak lagi terganggu asap PLTU. Ini karena lokasi POB yang baru berada pada tempat yang strategis, cukup jauh dari kawasan PLTU Palabuhanratu.

Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Sukabumi, Usep Setiawan menjelaskan selain tidak terhalang lagi asap PLTU, keberadaan POB Cibeas bisa dimanfaatkan sebagai pusat wisata religius, seperti observatorium Bosccha di Bandung.

Kelengkapan fasilitas POB di Cibeas juga sudah menjadi standar minimum bagi POB di seluruh Indonesia. Ada banyak peralatan canggih serta studio khusus seperti halnya di Boscha Bandung.

Kelebihan berkunjung ke POB Cibeas tambah Usep selain sebagai arena wisata religius, juga pengunjung akan banyak mendapatkan pengetahuan seputar ilmu falak dan hisab rukykat.

“Pengelola POB juga akan memberikan alat ukur arah akiblat dan buku hasil perhitungan kalender hijriyah sebagai oleh-oleh bagi rombongan tamu yang berkunjung,”terang Usep Setiawan.


Penulis : Irwan Kurniawan

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *